Hub Via Email : agusnawas@gmail.com
Ayo Hidup Sehat
Apotik Hidup

TANAMAN KACAPIRING YANG BERKHASIAT TINGGI


KACAPIRING

SI CANTIK YANG BERKHASIAT

bunga dan daun kacapiring 01

Tak hanya cantik dan harum, kacapiring juga berkhasiat sebagai bermacam penyakit, ayo bersegera kita berlomba-lomba menanam tanaman tersebut. Kacapiring atau jempiring merupakan salah satu tanaman bunga yang sangat dikenal di Bali. Bunganya cantik, berwarna putih dan harumnya menjadi mascot kota denpasar.

Jempiring (Gardenia Augusta) yang dikenal dengan nama daerah, cempiring atau ceplok piring adalah species tanaman perdu berumur tahunan dari suku Rubiaceae, bunganya berwarna putih dan sangat harum. Dan juga dikenal dengan nama binomial Gardenia jasminoides yang berarti seperti melati, walaupun tidak ada hubungannya dengan marga Jasminum (melati).

Tanaman jempiring memilki ciri daun kecil, banyak cabang dan batang. Di sela cabang dan daun kerap kali muncul bunga berwarna putih yang menebarkan harum yang khas. Bunga jempiring ini sulit didapatkan dan hanya mampu berbunga pada saat-saat tertentu. Keunikan tanaman jempiring ini membuat tanaman dan kebun semakin indah.

Tanaman kacapiring atau jempiring ini diperkirakan dari Negara Cina atau Jepang, namun sudah lama tumbuh di Indonesia dan ditanam di berbagai tempat. Misalnya, selain di halaman rumah, juga ditanam di halaman kantor, di taman-taman rekreasi, atau di pinggir jalan sebagai tanamn hias. Kadang tumbuh secara liar diantara semak-semak dan kebun.

Tak hanya indah sebagai tanaman hias, kacapiring mempunyai banyak khasiat. Tanaman ini mempunyai sifat yang mendinginkan dan rasanya pahit, umumnya mempunyai aktivitas pada jantung, liver, paru dan pencernaan. Karena itu masyarakat di Indonesia menggunakan tanaman ini dalam ramuan untuk mengatasi berbagai penyakit. Di samping itu bunga kacapiring yang harum mempunyai nilai komersial untuk dibuat minyak wangi.

bunga dan daun kacapiring 02

Kandungan kimia : Minyak Atsiri ( linalool dan styrolyl ) dan bagian yang umumnya dipergunakan adalah daun hingga bijinya.

Gardenia Jasminoides atau kacapiring, terutama pada bagian buahnya mengandung senyawa aktif suatu glikosida iridoid yang disebut geniposida. Pada buah ini juga ditemukan senyawa genipin yang merupakan aglikon dari geniposida. Selain itu pada tanaman kacapiring juga ditemukan senyawa lainnya seperti imperatorin, isoimperatorin, crocetin, 5-hidroksi-7, 3’,4’,5’-tetrainetoksiflavon, 2-mentil-3, 5-dihidroksikromon, crocin dan crocin-3.

 

Masyarakat di Indonesia menggunakan bagian daun dari tanaman ini dalam ramuan tradisional untuk mengobati sakit diabetes, sariawan, demam, sukar buang air besar. Di India dan Cina kacapiring juga digunakan dalam ramuan tradisioanal mereka. Biasanya untuk mengobati demam, antiradang, meperbaiki sirkulasi peredaran darah.

KHASIAT DAN MANFAAT  TANAMAN KACA PIRING

SIFAT DAN KHASIAT KACA PIRING
Buah kacapiring rasanya pahit, sifatnya dingin, dengan afinitas ke meridian jantung, hati, paru, lambung, dan sanjiao.
Buah kacapiring berfungsi sebagai pembersih panas dan api, menyejukkan darah, membuang racun, serta menghilangkan lembab.
Khasiat buah kacapiring adalah meningkatkan fungsi hati dan menenangkan emosi (sedative), malancarkan aliran empedu ke usus (kolagoga), antiradang (antiflogistik), antibiotic, pereda demam (anti piretik), peluruh dahak, peluruh kencing (diuretik), penyejuk darah, penawar racun (detoksikan), penghenti perdarahan (hemostatis), dan menghancurkan bekuan darah.
Ekstrak buah kacapiring berkhasiat hepatoprotektor, yaitu melindungi hati dari kerusakan akibat racun.
Bunga kaca piring merupakan komoditas bunga potong, digunakan dalam karangan bunga dan korsase.
Daun bisa digunakan sebagai obat seriawan dan akarnya sebagai obat sakit gigi.

Selain daun, bagian tanaman yang banyak digunakan adalah buah. Buah mengandung bahan aktif geniposida yang paling banyak. Karena kandungan bahan ini, bagian buah digunakan untuk mengobati demam yang disertai peradangan, juga untuk mengobati infeksi. Buah kacapiring juga efektif untuk mengatasi pendarahan pada membrane mukosa, seperti pada hidung, saluran pencernaan dan saluran kemih. Untuk mengatasi pendarahan ini, serbuk buah kacapiring bisa digunakan sebagai obat dalam atau luar. Di Cina, ekstrak buah kacapiring digunakan untuk mengobati diabetes tipe-2, gangguan liver dan batu empedu. Beberapa tahun terakhir, banyak penelitian yang dilakukan, di dalam maupun di luar negeri untuk membuktikan khasiat tanaman kacapiring. Hasilnya menunjukan, senyawa glikoprotein dari kacapiringberkhasiat melindungi hepar (hati) terhadap kerusakan, dan dapat menurunkan kolestrol darah atau bersifat hipolipidemik.

EFEK FARMOKOGIS DAN HASIL PENELITIAN
Penelitian pada tikus dan kelinci membuktikan bahwa buah kacapiring berkhasiat kolagoga dan koleretik.
Ekstra etanol buah kacapiring menurunkan aktivitar spontan pada binatang yang mengindikasikan adanya efek sedative. Disamping itu, juga ditemukan khasiat antipiretik.
Air rebusan atau ekstrak etanol buah kacapiring memperlihatkan efek hipotensif pada binatang percobaan.
Rebusan buah kacapiring juga berkhasiat antibakteri dan pada percobaan in vitro menghambat aktifitas berbagai macam jamur kulit.

Ekstrak gardenia yang diberikan pada hewan coba terbukti mampu menurukan kadar bilirbun darah. Hasil ini memberikan informasi penting mengapa kacapiring digunakan untuk mengobati gangguan hepar. Geniposida pada buah kacapiring selain berkhasiat sebagai hepatoprotektor, juga berkhasiat sebagai anti tumor. Pada pengujian terhadap hewan coba diketahui, senyawa pentaasetil geniposida tidak menyebabkan toksisitas pada liver, jantung, dan ginjal. Dengan demikian ekstrak buah kacapiring relative aman untuk dikonsumsi, malah sangat prospekstif untuk dikembangkan sebagai obat antitumor.

Penelitian ini juga didukung dengan penelitian lainnya yang menyatakan bahwa senyawa geniposida yang berhasil diisolasi dari kacapiring ini ternyata memiliki kemampuan sebagai detoksifikasi (membersihkan racun) antioksidan dan juga antikarsinogenesis.

Hasil penelitian hewan coba mencit juga membuktikan, kacapiring dapat mengurangi tingkat keparahan pada penyakit pankreatitis, dapat menurunkan tekanan darah, juga mengurangi nyeri dan kejang-kejang ( spasme). Slain daun dan buah, bunga kacapiring juga berkhasiat sebagai obat. Sebuah penelitian membuktikan, bunga kacapiring juga mengandung senyawa iridoid yang berkhasiat sebagai antimikroba, terutama melawan bakteri E. coli, Pseudomonas aeruginosa, Staphylococcus aureus, jamur Candida albicans dan Trichophyton mentagrophytes.

kaca piring mempunyai nilai komersial untuk dibuat minyak wangi atau parfum. Sedang pengembangbiakan tanaman ini dapat dilakukan dengan cara stek.

Khasiat umum dari herbal kaca piring diantaranya adalah sebagai obat sariawan, mengurangi demam, dan mengatasi sembelit.

bunga dan daun kacapiring 03

Cara Pemakaian Tanaman Kaca Piring :

  1. Sariawan : 7 lembar daun kaca piring, 2 sendok makan madu, dan 1 potong gula aren. Daun kaca piring diremas-remas dan ditambahkan dengan 1 cangkir air dan disaring. Kemudian dicampur dengan madu dan gula aren tersebut dan diaduk sampai merata benar. lalu diminum dan diulangi setiap dua hari sekali.
  2. Demam : 7 lembar daun kaca piring dan 1 potong gula batu. Daun kaca piring diremas-remas dengan satu gelas air dan disaring.  Kemudian dicampur dengan gula batu dan diaduk sampai merata. Lalu diminum.
  3. Sembelit ( Sukar BAB ) : 3 biji kaca piring direbus dengan 2 gelas air hingga mendidih biarkan sampai tinggal 1 gelas. Lalu diminum.
  4. Daun Kaca Piring untuk mengobati Diabetes Mellitus
    Bahan: 12 lembar daun kacapiring
    Cara Meramu : direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas.
    Aturan Pakai : diminum sekaligus dan diulangi secara rutin setiap hari.

Efek Samping

Buah,bunga dan daun kacapiring relative aman untuk digunakan sebagai obat. Hanya saja harus berhati-hati mengonsumsi atau mengunakan buah kacapiring ini, karena dapat menyebabkan diare. Umumnya buah kacapiring digunakan dengan dosis 3 – 12 gram per hari.

KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN KACA PIRING

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel klasifikasi Kacapiring

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Classis (Kelas): Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas : Asteridae
Ordo (Bangsa): Rubiales
Familia (Suku): Rubiaceae (suku kopi-kopian)
Genus (Marga): Gardenia
Species (Jenis): Gardenia augusta Merr

NAMA-NAMA LAIN KACA PIRING
Sinonim Kaca piring : G. jasminoides Ellis.; G. florida L.; G. grandiflora Sleb.; G. maruba Sieb. et Zucc.; G. pictorum Hassk.; G. radicans Thunb.; Varneria agusta L.
Nama Latin Kaca Piring : Gardenia Mutabilis Reinw, Gardenia augusta
Kacapiring (Indonesia, Sunda)
Ceplok piring (Jawa)
Jempiring, Meulu bruek, Raja putih (Aceh)

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat Kacapiring yang meliputi Ciri-ciri Kacapiring, Klasifikasi Kacapiring, kandungan zat atau nutrisi Kacapiring serta khasiat dan manfaat Kacapiring sebagai tanaman obat.

dari berbagai macam sumber

About nawasherbal

saya hanyalah anak manusia yang punya cita-cita agar kita bisa sehat dengan obat yang halal dan sehat tanpa efek samping yaitu dengan herbal yang islami ataupun herbal tradisional yang insya ALLAH sangat bermanfaat bagi manusia, terutama bisa dicapai oleh orang kaya ataupun orang menengah kebawah. AMIN

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Sedia Obat Herbal jenis ini.hub 081347592918

DAFTAR KUNJUNGAN

  • 112,419 Pengunjung
April 2015
S S R K J S M
« Des    
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Top Rated

Arsip

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 5 pengikut lainnya

Alamat pemilik blog

081347592918
Kapan saja asal jangan tengah malam
%d blogger menyukai ini: