Hub Via Email : agusnawas@gmail.com
Ayo Hidup Sehat
Bau mulut, Tips-Tips

Jangan Sepelekan “Halitosis” atau Gangguan Bau Mulut


Ilustrasi/Admin (Shutetrstock)

…………………………………

Menjaga kesehatan adalah menjadi kewajiban setiap orang, karena jika kondisi tubuh seseorang itu sehat maka seseorang juga bisa dengan leluasa melakukan aktifitasnya dan yang paling penting adalah mencegah atau preventif itu lebih baik daripada mengobati atau kuratif.

……………

Seperti apa yang dikatakan orang bijak dengan filosofi bahwa di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Menjaga kesehatan tak hanya sebatas kesehatan badan saja tetapi secara menyeluruh termasuk kesehatan gigi dan mulut. Kesehatan gigi dan mulut ini sekilas memang dianggap hal yang sepele, tetapi sebenarnya juga perlu mendapatkan perhatian dari setiap diri masing-masing.

………………..

Kesehatan gigi dan mulut perlu dijaga, termasuk bau mulut atau dalam medis dikenal dengan istilah “Halitosis”. Masalah bau mulut adalah hal yang umum termasuk bagi penduduk di Negara berkembang seperti Indonesia. Menurut drg. A. Kahfi bahwa prevalensinya cenderung imbang antara laki-laki dan perempuan

………………….

Halitosis merupakan suatu keadaan di mana terciumnya bau mulut pada saat seseorang mengeluarkan nafas (biasanya tercium pada saat berbicara). Bau nafas yang bersifat akut, disebabkan kekeringan mulut, stress, berpuasa, makanan yang berbau khas, seperti petai durian, bawang merah, bawang putih dan makanan lain yang biasanya mengandung senyawa sulfur. Setelah makanan di cerna senyawa sulfur tersebut diserap kedalam pembuluh darah dan di bawa oleh darah langsung ke paru-paru sehingga bau sulfur tersebut tercium pada saat mengeluarkan nafas.

Tetapi meski disebut bau mulut, dan sekitar 80~90% kasus ini dipicu oleh gangguan pada rongga mulut, sebenarnya terdapat lebih dari 200 macam patologi (kelainan) yang dapat memunculkan bau nafas tak sedap. Hal-hal tak terduga seperti penyakit kronis juga ikut andil, ditambah lagi dengan pola makan dan gaya hidup.

………………

Bau mulut diawali dengan proses alami, karena pada dasarnya semua manusia memiliki bau mulut yang khas. Bau tersebut merupakan produk akhir dari mikro organisme atau mikroba yang secara alami terdapat di rongga mulut. Dan secara alami pula bakteri tersebut akan bereaksi terhadap kotoran dan sisa makanan di rongga mulut.

…………………

Reaksi tersebut menghasilkan gas yang bernama Volatile Sulfur Compound (VSC). Karena mengandung sulfur, maka gas tersebut berbau kurang sedap. Tetapi normalnya bau yang muncul tidaklah menyengat. Namun demikian, saat sisa makanan tidak dibersihkan dengan benar dan menumpuk dalam rongga mulut, maka bau busuk yang dihasilkan akan semakin menyengat. Nah inilah yang dinamakan gangguan bau mulut atau halitosis.

…………………..

Pada dasarnya proses alamiah ini hanya salah satu penyebab halitosis. Seperti yang telah di katakan sebelumnya bahwa 80~90% kasus halitosis memang disebabkan oleh gangguan di rongga mulut, tetapi 10~20% lainnya disebabkan oleh aneka hal lain termasuk gangguan lambung, diabetes bahkan kanker.

…………..

Uniknya bila halitosis merupakan manifestasi dari penyakit sistemik kronis, jenis gas yang dihasilkan cenderung berbeda, tergantung dari pemicunya. Keunikan ini memungkinkan halitosis  dijadikan sebagai sarana untuk mendiagnosis penyakit sistemik. Dengan kata lain memberikan input untuk prediksi. Sangat disayangkan bila diantara kita atau mereka yang meremehkan atau enggan mengkonsultasisikan gangguan bau mulut atau halitosis dengan dokter yang berkompeten karena malu.

……………….

Masih menurut drg. A. Kahfi bahwa selain penyakit sistemik, stress juga bisa meningkatkan resiko bau mulut, meskipun tidak signifikan. Sementara siklus haid atau menstruasi, menopause, kebiasaan merokok juga memiliki implikasi yang tak kalah besar.

…………………..

Lalu bagaimana mengatasinya…? Lakukan pemeriksaan holistik.Mengingat penyebabnya mencapai 200 macam, maka untuk mengatasi halitosis perlu diadakan inspeksi riwayat kesehatan secara menyeluruh. Misalnya, apakah pasien pernah mengalami gangguan pencernaan, diabetes atau sinusitis.

……………..

Bila di kerucutkan ke patologi di rongga mulut, daftar kemungkinannya tetap panjang. Apakah gigi yang berlubang? Lalu bagaimana kebiasaan merawat gigi? Apakah pasien rutin konsulltasi dengan dokter gigi?..

……………..

Meskipun permen menthol, mouthwash ataupun tooth floss dapat mengurangi bau mulut, tetapi sifatnya hanya temporer dan hanya meredam gejalanya saja. Penggunaan penyegar nafas, permen karet dan obat kumur, biasanya bersifat asimptomatis dan sangat terbatas kerjanya hanya sementara saja, pada saat efek dari penyegar nafas hilang bau mulut akan kembali tercium

…………………

Sementara penyebab dasarnya lah yang harus diatasi . Disinilah pendataan history medis berperan. Inti dari masalah ini adalah menyembuhkan pemicunya. Bila pemicu sudah ditangani maka bau mulut pun akan reda sendiri.

………………..

Mengingat pentingnya kesehatan gigi khususnya gangguan bau mulut atau halitosis, maka selain gosok gigi rutin sehari dua kali juga disarankan untuk ke dokter gigi sedikitnya setahun dua kali . Adalah kebiasaan masyarakat kita yang cenderung ke dokter gigi setelah merasakan sakit gigi. Hal yang tak kalah pentingnya adalah jangan menggosok gigi terlalu keras, bersihkan lidah juga dengan sikat yang lembut.

…………………

Tulisan ini sekedar sharing kepada para sahabat dan pembaca disini. Jika ada yang berkenan menambahi, dengan senang hati penulis terima sebagai tambahan referensi dan pembelajaran…Semoga bermanfaat.

Sumber : http://kesehatan.kompasiana.com/medis/2011/12/26/jangan-sepelekan-halitosis-atau-gangguan-bau-mulut/

About nawasherbal

saya hanyalah anak manusia yang punya cita-cita agar kita bisa sehat dengan obat yang halal dan sehat tanpa efek samping yaitu dengan herbal yang islami ataupun herbal tradisional yang insya ALLAH sangat bermanfaat bagi manusia, terutama bisa dicapai oleh orang kaya ataupun orang menengah kebawah. AMIN

Diskusi

One thought on “Jangan Sepelekan “Halitosis” atau Gangguan Bau Mulut

  1. terimakasih infonya mas,sangat bermanfaat

    Posted by mubin wisata dieng | Maret 29, 2015, 2:06 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Sedia Obat Herbal jenis ini.hub 081347592918

DAFTAR KUNJUNGAN

  • 112,419 Pengunjung
Desember 2011
S S R K J S M
« Nov   Jan »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Top Rated

Arsip

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 5 pengikut lainnya

Alamat pemilik blog

081347592918
Kapan saja asal jangan tengah malam
%d blogger menyukai ini: