Hub Via Email : agusnawas@gmail.com
Ayo Hidup Sehat
Habbatussauda

Penelitian Pakar Kesehatan tentang Habbatussauda


Berbagai Penelitian tentang Habbatussauda

Habbatussauda atau jintan hitam telah menjadi primadona herbal beberapa tahun terakhir. Di Indonesia, penggunaan herbal ini semakin luas dengan bermunculannya produsen-proodusen herbal yang menggunakan habbatussauda sebagai bahan baku. Sejak ratusan tahun yang lalu, tak kurang dari 200 penelitian dan tulisan yang diterbitkan oleh berbagai perguruan tinggi dan lembaga kedokteran, yang meneliti tentang khasiat habbatussauda atau jintan hitam. Tentang manfaat habbatussauda ini juga telah dijelaskan oleh Nabi Muhammad SAW sekitar abad 6 M. Berikut ini beberapa penuturan ilmiah tentang manfaat dan khasiat habbatussauda untuk kesehatan.

Ibnu Sina dalam bukunya “Canon of Medicines” menuturkan bahwa habbatussauda dapat membangkitkan tenaga dan semangat serta dapat menghilangkan kepenatan.

Ibnu Qayyim dalam bukunya “Medicine of Prophet” mengatakan bahwa habbatussauda dapat mengobati penyakit seperti “bronchitis”, batuk, cacingan, masalah perut, gangguan kulit seperti jerawat, sakit akibat haid serta menambah produksi air ludah.

Dr Ahmad Elkadi membuat penelitian dan menjumpai bahwa jintan hitam dapat meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas. Hal ini tak lepas dari kandungan habbatussauda yang antara lain fixed Oil (saturated dan unsaturated), minyak esensial (sterol, thymohydroquinone, carvone, limonine, cymene), alkaloid, saponin dan asam amino.

Professor G. Rietmuller, Direktur Institute of Immunology, Universitas Munich, Jerman menemukan bahwa bahan ekstrak habbatussauda menunjukkan hasil yang sangat positif terhadap sistem kekebalan tubuh dan dapat digunakan sebagai “bio-regulator’.

Dr. Ahmad El-Qadi (Islamabad, Pakistan) dan Dr. Usama Qandil (Florida, USA) menyimpulkan bahwa konsumsi 1 gram jintan hitam dengan dosis 2 kali sehari berefek positif terhadap peningkatan sistem imunitas tubuh. Penemuan ini sangatlah penting karena terbukanya peluang habbatussauda digunakan sebagai terapi penderita kanker, AIDS dan penyakit lain yang berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh.

Penelitian Dr. Haq yang dilakukan di Department of Biological and Medical Research Center, Riyadh terhadap penyandang AIDS, menunjukkan bahwa habbatussauda dapat meningkatkan tingkat ‘Helper T-cells’ dan ‘Supresser T-cells’ hingga 55 persen. Aktivitas ‘natural killer cells’ juga meningkat sekitar 30 persen.

Seorang ahli sistem pertahanan tubuh, Dr. Peter Schleicher di Jerman, menjelaskan bahwa habbatussauda terbukti dapat menyembuhkan 420 dari 600 orang sukarelawan yang mempunyai riwayat alergi. Sebagian besar mereka mengidap alergi terhadap serbuk sari, mempunyai gangguan saraf dan jerawat serta mempunyai daya tahan tubuh yang  kurang.

Di Amerika, sebuah laporan berjudul “Study of the Effects of Nigella Sativa on Humans” menunjukkan bahwa habbatussauda mempunyai sifat anti tumor.

Professor Michael Meurer dari Dermatology Clinic of Munich, Jerman, mengungkapkan bahwa habbatussauda dapat menghentikan peradangan dan gangguan saraf kulit (neurodermitis).

Para ilmuwan di Cancer and Immuno-Biological Laboratory, Jerman, menjelasakan bahwa habbatussauda dapat meransang ‘bone marrow’ dan sel-sel pertahanan tubuh, meningkatkan fungsi ‘interferon’ dan menjaga sel-sel normal dari kerusakan yang disebabkan oleh virus. Habbatussauda juga dapat menghancurkan sel-sel tumor serta meningkatkan jumlah antibodi penghasil ‘B-cells’.

Habbatussauda Penguat Kekebalan Tubuh Alami

Dr. El Kadi dan Kandil pada tahun 1986 mengadakan penelitian dengan beberapa sukarelawan untuk mengetes efektifitas jintan hitam dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami. Kelompok pertama diberikan habbatussauda 2 kali sehari masing-masing 1 gram selama 4 minggu. Sedangkan kelompok kedua diberikan placebo. Sebelum dan sesudah percobaan tersebut, masing-masing relawan diukur kadar limfositnya. Setelah 4 minggu, kelompok yang diberikan habbatussauda mengalami kenaikan 72 % dalam menekan rasio T-cell, yang berfungsi sebagai pembunuh sel alami. Sedangkan kelompok yang mengkonsumsi placebo hanya mengalami peningkatan sebesar 7 %. Mereka mengatakan “Mungkin hasil ini merupakan salah satu penemuan besar karena hababtussauda memiliki andil serius dalam penyembuhan kanker, AIDS dan penyakit lain yang berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh”.  Hasil ini juga dikuatkan oleh penelitian yang diterbitkan dalam Saudi Pharmaceutical Journal tahun 1993 oleh Dr. Basil Ali dan rekan-rekannya dari College of Medicine, King Faisal University.

Pada tahun 1997, dalam riset tentang AIDS, tes dilakukan oleh Dr. Haq di Depertemen Biologi dan Pusat Penelitian Medis di Riyadh, Arab Saudi, menunjukkan bahwa jintan hitam meningkatkan rasio antara T-cell positif dan negatif menjadi 55% dengan 30% aktivitas pembunuh sel alamiah.

Terapi Habbatussauda sebagai Penghancur Sel-sel Tumor

Habbatussauda merupakan obat segala penyakit kecuali kematian. Begitu sabda Muhammad SAW 14 abad yang lampau.

Habbatussauda atau Black Seed telah digunakan di negara-negara Timur Tengah sebagai pengobatan alami lebih dari 2000 tahun. Sejak tahun 1960 tak kurang dari 200 penelitian di berbagai negara tentang manfaat mengagumkan dari jintan hitam ini. Para ilmuwan di Eropa mengatakan bahwa habbatussauda dapat berfungsi sebagai anti bakteri dan anti jamur. Para ilmuwan imunobiologi dan kanker juga mengungkapkan bahwa senyawa yang terdapat di dalam habbatussauda dapat menstimulasi sumsum tulang dan sel-sel kekebalan tubuh untuk meningkatkan produksi interferon serta melindungi sel-sel normal terhadap efek virus yang merusak sel dan juga menghancurkan sel-sel tumor.

Habbatussauda dapat digunakan sebagai terapi dalam maupun terapi luar. Dapat dikonsumsi dalam bentuk biji ataupun dapat diminum untuk yang dalam bentuk minyak. Bentuk terapi luar antara lain dioleskan atau dibalutkan ke bagian tubuh yang sakit.

Sumber : http://waroengsehat.com/artikel-kesehatan-umum/artikel-habbatussauda/59-penelitian-pakar-kesehatan-tentang-habbatussauda.html

About nawasherbal

saya hanyalah anak manusia yang punya cita-cita agar kita bisa sehat dengan obat yang halal dan sehat tanpa efek samping yaitu dengan herbal yang islami ataupun herbal tradisional yang insya ALLAH sangat bermanfaat bagi manusia, terutama bisa dicapai oleh orang kaya ataupun orang menengah kebawah. AMIN

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Sedia Obat Herbal jenis ini.hub 081347592918

DAFTAR KUNJUNGAN

  • 112,419 Pengunjung
November 2011
S S R K J S M
« Okt   Des »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Top Rated

Arsip

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 5 pengikut lainnya

Alamat pemilik blog

081347592918
Kapan saja asal jangan tengah malam
%d blogger menyukai ini: